NURLAILI AZIZAH

Certamen Ergo Sum

Hubungan Internasional

13 June 2012 - dalam Pengantar Hubungan Internasional Oleh nurlaili-azizah-fisip11

HUBUNGAN INTERNASIONAL

Oleh : Nurlaili Azizah (071112001)

Ilmu Hubungan Internasional merupakan suatu disiplin ilmu yang mempelajari hubungan dua negara atau lebih yang di dalamnya membahas tentang isu-isu global, konflik antarnegara, perjanjian, termasuk kerjasama bilateral maupun multilateral. Hubungan Internasional adalah suatu bidang akademis dan kebijakan publik dan dapat bersifat positif atau normatif karena berusaha menganalisis serta merumuskan kebijakan luar negeri negara-negara tertentu. Ilmu ini sangat kompleks, karena tidak hanya politik saja yang dibahas di sini, melainkan dibahas juga tentang ekonomi, budaya, dan hukum suatu negara. Mempelajari ilmu ini menjadi sangat penting karena tiap negara tidak  bisa berdiri sendiri tanpa bantuan negara lain. Suatu negara tidak mungkin mampu memenuhi kebutuhannya sendiri, sehebat apapun negara itu.  Negara yang independen, setidaknya secara hukum: mereka memiliki kedaulatan (Jackson & Sorensen, 1999:2). Tapi itu tidak berarti mereka terisolasi atau diisolasi satu sama lain. Sebaliknya, mereka berdampingan satu sama lain dan saling mempengaruhi. Maka dari itu, suatu negara harus mampu membina relasi yang baik dengan negara lain.

Interaksi internasional adalah proses politik yang relevan dari komunikasi dan pertukaran antara aktor dalam sistem internasional (Hocking & Smith, 1990:216). Tiap negara pasti melakukan interaksi dengan negara lain; entah itu dalam bidang perdagangan, kesehatan, atau yang lainnya Kepentingan nasional, hal inilah yang menjadi pondasi dalam melakukan interaksi internasional. Aktor dari hubungan internasional adalah para pemerintah dunia (Goldstein, 2005: 9). Aktor-aktor ini merupakan representasi dari negaranya masing-masing yang berperan menyatukan gagasan-gagasan agar terbentuk suatu kesepakatan antara dua belah pihak atau lebih. Dalam penyampaian gagasan, aktor harus punya strategi agar gagasannya diterima dan disetujui oleh negara lain. Aktor ini harus cerdas dan  hati-hati dalam membaca situasi, karena jika salah bertindak, bukan power yang akan dibangun, tapi citra buruk yang akan didapat.

Politik internasional adalah strategi yang diambil oleh pemerintah negara-negara di dunia dalam hubungannya dengan negara lain guna kepentingan nasionalnya. Kebijakan luar negeri adalah serangkaian tujuan dan keputusan yang dianut oleh suatu negara agar negara tersebut mampu membina hubungan yang baik dengan negara lain dan mampu bersaing dengan negara lain dalam kancah pergaulan dunia. Kebijakan luar negeri sangat penting bagi suatu negara, karena ia sangat berkaitan erat dengan kepentingan nasional suatu negara. Ia menjadi tombak baik-buruknya hubungan suatu negara dengan negara lain.

Berbeda dengan jurusan Hubungan Internasional di universitas lain, jurusan Hubungan Internasional Universitas Airlangga tidak hanya berorientasi pada pengembangan studi sebagai “science”, tapi juga sebagai “art” (Roadmap, 2005). Sebagai “science” studi HI berorientasi pada pengembangan pemahaman terhadap konsep-konsep dasar dan kerangka analisis umum yang diperlukan untuk memeknai dan menjelaskan fenomena keseharian hubungan internasional. Sementara sebagai “art”, studi HI berorientasi pada pengembangan kompetensi komunikasi, negosiasi, dan manajerial global.

 

Source:

  1. Hocking, Brian & Smith, Michael (1990) World Politics, An Introduction to International Relations, Harvester/Wheatsheaf
  2. Jackson, R, & Sorensen, G. (1999) Introduction of International Relation, Oxford University Press.
  3. www.id.wikipedia.org/wiki/Hubungan_internasional

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 



Read More | Respon : 0 komentar

Tinggalkan Komentar

Nama :
E-mail :
Web : tanpa http://
Komentar :
Verification Code :   
   

Kategori

Artikel Terbaru

Artikel Terpopuler

Komentar Terbaru

Arsip

Blogroll

the world today

reach me through

Quote!

The Holy Quran

Pengunjung

    284.113