NURLAILI AZIZAH

Certamen Ergo Sum

Quotation about Common Sense (Thomas Paine)

08 March 2012 - dalam Sistem Politik Amerika Serikat Oleh nurlaili-azizah-fisip11

“In England a king hath little more to do than to make war and give away places; which in plain terms, is to impoverish the nation and set it together by the ears. A pretty business indeed for a man to be allowed eight hundred thousand sterling a year for, and worshipped into the bargain! Of more worth is one honest man to society and in the sight of God, than all the crowned ruffians that ever lived.” (Thomas Paine)

Quotation ini saya ambil dari pamflet Common Sense yang ditulis oleh Thomas Paine. 10 Januari 1776, pamflet ini resmi dipublikasikan. Common Sense sendiri memang ditujukan kepada seluruh rakyat Amerika. Makna singkat pamflet ini adalah membakar semangat juang rakyat Amerika dahulu untuk memperjuangkan kemerdekaan mereka. Quotation di atas merupakan salah satu isi dari Common Sense dalam bab II, yakni Of Monarchy and Hereditary Succession.

Dalam quotation di atas, secara singkat maknanya adalah Tuhan lebih menghargai satu orang jujur dalam masyarakat dibandingkan dengan ribuan penjahat bermahkota. Hal itu memang benar. Siapapun pasti setuju dengan pernyataan ini. Seorang yang miskin namun jujur dan berintegritas tentunya lebih bernilai dibandingkan dengan pejabat yang berpangkat tinggi namun bobrok akhlaknya. Menemukan orang jujur di masa kini memang tidak mudah, namun itu masih mungkin terjadi. Krisis moral dan keadilan yang tengah melanda negeri kita tercinta, Indonesia, adalah PR besar yang harus kita benahi bersama-sama. Kejujuran memang barang langka di negeri ini. Namun, tentunya kita harus percaya bahwa perubahan pasti bisa dilakukan untuk mengangkat negeri ini dari titik nadir.

Pemimpin dan para elit politik harusnya berelaborasi untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat dan integritas mereka. Korupsi yang melanda negeri ini mengindikasikan bahwa kejujuran dan empati para pemimpin kita memang sudah luntur. Ironis, tapi itulah realitasnya. Beberapa elit malah terbuai dengan jabatan tinggi ataupun gaji yang melimpah tanpa memperhatikan nasib rakyatnya yang semakin hari dililit kesusahan. Inilah tugas kita para generasi muda untuk menjadi agen perubahan. Kita harusnya semakin memupuk integritas dan kejujuran kita, karena kitalah pewaris peradaban bangsa di masa depan.

Mari bersama-sama membangun Indonesia!

www.brainyquote.com



Read More | Respon : 0 komentar

Tinggalkan Komentar

Nama :
E-mail :
Web : tanpa http://
Komentar :
Verification Code :   
   

Kategori

Artikel Terbaru

Artikel Terpopuler

Komentar Terbaru

Arsip

Blogroll

the world today

reach me through

Quote!

The Holy Quran

Pengunjung

    284.094